Berita Utama

Pelatihan Teknis Produksi Gula Kristal dan Kelembagaan Kelompok Petani Gula Kelapa Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja 6-7 Nopember 2013

Dilihat : 5331 Kali, Updated: 31 08 2014 09:37:35
Pelatihan Teknis Produksi Gula Kristal dan Kelembagaan Kelompok Petani Gula Kelapa Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja 6-7 Nopember 2013

Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja merupakan salah satu penghasil gula kelapa di Kabupaten Banyumas. Jumlah petani gula kelapa di desa tersebut hanya sekitar 20 orang dan sebagian besar ada di wilayah Kadus II Desa Karanganyar. Produk gula kelapa Desa Karanganyar masih berupa gula cetak, keunggulan gula kelapa Desa Karanganyar adalah kebersihan dan tidak menggunakan pengawet nira dari bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan.  

 

Pelatihan Teknis Produksi Gula Kristal dan Kelembagaan Kelompok dilaksanakan di dua tempat yaitu Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja dan Koperasi Nira Satria Desa Rancamaya Kecamatan Cilongok. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan nira tidak hanya sebagai produk gula cetak namum bisa dikembangkan menjadi produk gula kristal yang nilai ekonominya lebih tinggi. Materi tentang kelembagaan kelompok dimaksudkan untuk memperkuat kedudukan petani gula kelapa, serta dalam rangka pemberdayaan petani gula kelapa.

 

Untuk menjadi lebih kuat dan lebih berdaya petani gula kelapa harus siap untuk melakukan perubahan, baik perubahan perilaku, teknologi, dan kebiasaan, siap dan sabar untuk melalui proses menuju keberhasilan. Pengetahuan tentang teknis produksi gula kristal merupakan pintu masuk menuju kemajuan, namun demikian belum mencukupi tanpa pengembangan kelembagaan kelompok petani gula kelapa. Beberapa kelompok petani gula kelapa  yang telah berhasil merupakan role model untuk pembelajaran. 

 

Sebagai tindak lanjut Pelatihan Teknis Produksi Gula Kristal dan Kelembagaan Kelompok, petani gula kelapa akan membentuk kelompok yang akan difasilitasi oleh Pemerintah Desa Karanganyar. Selain itu Koperasi Nira Satria akan melaksanakan assessment untuk mengetahui potensi pengembangan produk gula kristal organik di Desa Karanganyar dan siap bermitra dengan petani gula kelapa desa tersebut. 

Komentar