Berita Utama

LOMBA KREASI PRODUK DENGAN BAHAN DASAR GULA KRISTAL (DIPERPANJANG)

Dilihat : 6557 Kali, Updated: 03 04 2014 08:28:22
LOMBA KREASI PRODUK DENGAN BAHAN DASAR GULA KRISTAL (DIPERPANJANG)

Latar Belakang

 

Dalam bentuk gula kristal penggunaan gula kelapa menjadi lebih praktis sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pemanis alami. Dari sisi kesehatan gula kelapa merupakan alternatif pemanis yang lebih sehat dibanding gula tebu/pasir karena memiliki glikemik indeks yang rendah sehingga tidak langsung diserap oleh tubuh yang akan memicu kenaikan kadar gula dalam darah. manis dan ekstrak kulit manggis.

 Lomba Kreasi Produk Unggulan Daerah merupakan rangkaian kegiatan lomba yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan diversifikasi produk unggulan daerah, serta memperluas  penggunaan  produk unggulan daerah, dengan demikian akan memperluas pasar produk unggulan daerah  sehingga mampu menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

 

Dengan Bahan Dasar Gula Kristal

Saat ini produk gula kristal Kabupaten Banyumas lebih banyak digunakan untuk memenuhi pasar ekspor, sementara untuk pasar lokal/dalam negeri masih terbatas. Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan upaya-upaya untuk memperkenalkan produk gula kristal kepada masyarakat luas, mendorong pemakaian gula kristal sebagai pengganti gula tebu/gula pasir, dan memperluas pasar gula kristal di lingkup lokal/dalam negeri; serta mendorong inovasi untuk diversifikasi produk gula kristal.

 

Konsep Lomba

 

Lomba kreasi produk dengan bahan dasar gula kristal terbuka untuk umum dan peserta tidak dikenakan biaya apa pun. Lomba terbagi dalam dua kategori yaitu makanan yang terbagi menjadi kategori kue kering/biskuit dan roti/cake, dan mi-numan dengan bahan dasar gula kelapa kristal. Produk merupakan kreasi asli atau inovasi dari produk yang telah ada.

Hasil kreasi produk gula kristal merupakan kreasi yang belum pernah diproduksi secara masal dan dipasarkan secara luas. Pendaftaran peserta dilakukan dengan mengirimkan formulir pendaftaran dengan menyertakan resep kreasi dan sampel produk untuk penilaian awal untuk kategori kue kering/biskuit dan cake/roti. Untuk kategori minuman jika kreasi produk dalam bentuk minuman instan sampel produk juga dapat disertakan.

 

 

Tim Juri

 

Tim Juri terdiri atas: Chef hotel yang ada di Purwokerto, Ibu Bupati Banyumas, dan Ahli  Tata Boga/Guru SMK  3.

 

Kriteria Penilaian

 

Kriteria penilaian lomba kreasi produk gula kristal adalah:

  • Rasa
  • Penampilan
  • Kandungan bahan utama dan bahan lokal.
  • Peluang pengembangan produk

 

Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran, Pengiriman sample produk dan penilaina awal, serta pengumuman 10 Besar pada tanggal 14 April 2014 di Sekretariat Lomba Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Banyumas.

 Informasi lebih lanjut hubungi

Sri Sunarsih 08122723121

Ning 081914900160

Komentar