Berita Utama

Workshop Pasar dan Pemasaran Klaster Gula Kelapa Kabupaten Banyumas Selasa, 7 Januari 2014

Dilihat : 5717 Kali, Updated: 22 03 2014 08:57:44
Workshop Pasar dan Pemasaran  Klaster Gula Kelapa Kabupaten Banyumas  Selasa, 7 Januari 2014

Workshop Pasar dan Pemasaran

Klaster Gula Kelapa Kabupaten Banyumas

Selasa, 7 Januari 2014

 

Sebagai tindak kerjasama lanjut pengembangan Klaster antara GIZ, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, serta Bappeda Kabupaten Banyumas pada tanggal 7 Januari 2014 dilaksanakan Workshop Pasar dan Pemasaran. Workshop tersebut merupakan upaya pengembangan kapasitas bisnis dan manajemen  untuk anggota klaster di Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan kelanjutan dari Workshop Pasar dan Pemasaran pada tahun 2013.

Dalam workshop Pasar dan Pemasaran klaster gula kelapa Kabupaten Banyumas mempelajari tugas masing-masing seksi dalam klaster untuk mendukung pemasaran, belajar memahami apa itu segmen pasar, segmen pasar yang sesuai dengan produk, bagaimana berkomunikasi dengan segmen pasar, bagaimana melakukan promosi lewat kemasan, dan memahami konsep-konsep pemasaran.

Pada workshop Pasar dan Perdagangan sebelumnya tanggal 21 Oktober 2013 disampaikan harapan klaster terhadap pasar, pemasaran, keuangan, dan pengembangan produk antara lain adalah: peningkatan harga dan harga yang stabil; kemudahan permodalan bagi kelompok, fasilitasi untuk bantuan peralatan, pemasaran stabil, fasilitasi promosi, terbukanya pasar yang lebih luas, dan pasar baru, diversifikasi produk, memperpanjang rantai industri dan meningkatkan nilai tambah, mempersatukan kelompok petani gula agar memiliki posisi tawar dalam menentukan harga produk.

Untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut masing-masing seksi dalam kelembagaan klaster menentukan langkah untuk mewujudkan tujuan/harapan yaitu dengan menentukan fokus dalam mengembangan pasar perlu menentukan target pasar yang akan dituju selanjutnya menentukan pihak-pihak yang diperlukan sebagai  kontak pemasaran untuk menjalin komunikasi pemasaran, serta belajar bagaiman berkomunikasi dengan pasar melalui kemasan, hal ini dikarenakan kemasan produk untuk segmen pasar yang berbeda akan berbeda

Selain itu klaster juga belajar tentang konsep-konsep pemasaran “The PPPP of Marketing”/PHTP Pemasaran yaitu:

Produk         :    bagaimana memuaskan konsumen (kualitas, ketersediaan bagi pasar)

Harga          :    (daya saing produk dan rantai nilai yang lebih baik

Tempat        :    Bagaimana jalur distribusi produk, dan tempat pasar baru

Promosi      :    metode dan seting promosi

Komentar